Langsung ke konten utama

Output Eksplorasi 2017

Halo semuanya, maaf nih baru upload lagi, dan uploadnya bukan bercerita tentang "teman-temanku". Aku sedang mengerjakan tugas homeschoolingku. Jadi, aku akan menjalankan sebuah perjalanan ke pulau untuk mempelajari sesuatu yang aku minati di pulau tersebut, dan ini salah satu tugasku:

Output Eksplorasi 2017
·       Bentuk output:
o   Video documenter tentang profil profesi seseorang yang ada di pulau.
o   Durasi: 6-10 menit
o   Tanpa narator, diceritakan langsung dari orang pertama/tokoh utama.
o   Mendokumentasikan keseharian tokoh utama, yang berkaitan dengan pekerjaan, keluarga, dan lingkungan tempat hidup tokoh utama.

·       Sistematika peliputan/pendokumentasian:
A.    Membuat template script
B.    Menentukan profesi apa yang akan didokumentasikan.
C.    Persiapan alat sesuai dengan kebutuhan
D.    Observasi lokasi dan Subyek

A. Membuat template script:
       Karena masih belum pasti di pulau apa kita akan berkegiatan, dan profesi apa saja yang ada di sana, maka dibutuhkan sebuah script yang bisa digunakan untuk berbagai profesi.
Secara garis besar, script akan berisikan tentang:
·       Who
Berkaitan dengan kehidupan pribadi tokoh utama, seperti keluarganya, tetangganya, lingkungannya, latar belakangnya, dll.


·       What & Why
Segala sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaannya, seperti kenapa memilih profesi tersebut, suka dan dukanya selama menjalankan profesi tsb.

·       Where
Disini aku akan banyak menggali lebih banyak tentang lokasi dimana dia bekerja, seperti perlengkapan kerja, risiko kerja, kondisi tempat kerja, jam kerja, dll.

·       How
Bagaimana dia menjalankan pekerjaannya. Aku akan menampilkan detail bagaimana dia akan melakukan pekerjaannya.

        B. Menentukan profesi yang akan didokumentasikan:
Step 1: Mencari informasi tentang pulau yang akan kita kunjungi
Step 2: Setelah mengetahui pulau apa yang akan kita datangi, mencari informasi sebanyak-banyaknya tentang pulau itu, seperti letak lokasinya, kehidupan masyarakatnya, fasilitas-fasilitas yang sudah ada disana, dari situ aku akan mengetahui profesi apa saja yang ada disana.
Step 3: Menentukan profesi apa yang akan aku angkat kedalam video documenter yang akan aku buat.


   C. Persiapan alat sesuai dengan kebutuhan:
Setelah mengetahui lokasi dan profesi apa yang akan aku dokumentasikan, aku bisa mempersiapkan alat yang sesuai dengan kebutuhanku. Seperti jenis lensa yang akan aku bawa, kamera yang akan aku gunakan, dan perlengkapan-perlengkapan lain seperti tripod, lampu, alat perekam, dll.


     D. Observasi lokasi dan subyek:
Sampai dipulau, hal pertama yang akan kulakukan adalah melakukan observasi tempat. Mencari lokasi tempat tinggal dan tempat bekerja subyek. Mencari siapa yang akan menjadi subyek outputku, misalnya aku akan mencari sekolah jika subyekku adalah seorang guru, atau mencari puskesmas jika subyekku adalah seorang dokter/bidan, dan jika profesi subyekku adalah nelayan, aku akan mencari perkampungan nelayan.
Setelah menemukan orang yang akan menjadi subyek film ku, aku akan berkenalan dan meminta ijin kepadanya untuk mendokumentasikan kehidupan dan profesinya.

  
     









Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pertolongan Pertama Pada Keracunan Makanan/Minuman

Untuk tantangan ke-8, regu kami diberi tugas untuk mencari informasi tentang pertolongan pertama pada keracunan makanan/minuman. Pertamanya aku bingung mau bikin apa ya? Dan tidak tau akan menuliskan apa saja di tugas kali ini. Tapi setelah berunding bersama teman-teman seregu, kami membagi tugas, dan dalam waktu yang sangat singkat, tugas kami terkumpul semua. Setelah bingung-bingung mau buat apa, akhirnya aku memutuskan untuk membuat infografis yang simpel tapi jelas. Inilah infografisku, yang aku buat dalam 1 jam menggunakan aplikasi dari hp. Wah perjuangannya amat sangat lah pokoknya..

Kemping Ceria H2 - HARI YANG MENYENANGKAN

"SAHUUUUR SAHUUUUR!!!" "Duh yaampun, perasaan baru aja tidur!" pikirku pagi itu saat dibangunkan oleh salah satu teman laki-laki. Aku duduk, mengumpulkan nyawa, lalu teriak membangunkan teman-teman satu tendaku. "YAAAK SELAMAT PAGIIIIII!! YOK BANGUN YOK!!" yang dijawab dengan tendangan dari Adinda. Teman-teman satu tenda ku tidak ada yang bangun. Hanya Anja yang sudah duduk sambil mengucek-ucek matanya. Aku menepuk kakinya Michelle, Agla, dan kemudian Adinda. Tapi hanya dijawab dengan "HmmmMmmMMm" dari mereka. Tak lama kemudian, Khansa mendorong-dorong pintu tenda kami, berniat untuk membangunkan. Aku memang sudah tidak sabar keluar tenda dan melihat indahnya pagi hari disana. Berhubung yang lainnya masih belum termotivasi untuk bangun, aku keluar sendiri. Betul-betul indah pagi itu! Sebenernya sih masih gelap, tapi udaranya yang sejuk membuatku melupakan tugas-tugas! "AKHIRNYA AKU BISA JOGED!" Diluar, aku bertemu Tata, Katya, dan

Tantangan Mini Exploration (Observe Them All 2)

#tantangan2 jilid 2 #observethemall Aku memilih ibu penjual soto untuk aku wawancarai karena aku sudah berlangganan di soto itu dari aku masih kecil sekali. Soto yang ibu itu buat sangat enak, kuahnya bening berwarna kuning, gurihnya pas, dan setiap kali kesana, pasti tidak pernah bosan. Ibu penjualnya sangat ramah, jadi sering mengobrol bersama aku, mama, dan juga papa. Warungnya yang dulu dan sekarang sangat berbeda. Dulu warungnya sangat sempit, dan sekarang sudah diperlebar. Tapi ada yang tidak berubah, yaitu dari dulu sampai sekarang, ibu penjual soto selalu memanggil namaku “Lastri” padahal namaku “Ratri”. Dari aku berumur 3 tahun, sampai aku berumur 13 tahun, tetap saja ibu penjual soto memanggil aku “Lastri”. Malam sebelum aku mewawancarai ibu penjual soto, aku membuat daftar pertanyaan terlebih dahulu supaya aku tidak canggung di depan ibu penjual soto. Isinya antara lain: 1.        Ibu namanya siapa? 2.        Sudah berapa lama berjualan soto? 3.        K